ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH

PENGERTIAN ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH

S

ecara bahasa, zakat berarti tumbuh, bersih, berkembang dan berkah, sedangkan secara syar’ ialah kadar-kadar harta tertentu yang wajib dikeluarkan untuk diberikan kepada yang berhak sesuai yang telah ditetapkan oleh syara’, dengan demikian zakat hukumnya wajib. Zakat adalah ibadah maaliyah ijtima’iyyah yang memiliki posisi yang sangat penting, strategis dan menentukan baik dari sisi ajaran Islam maupun dari sisi pembangunan ekonomi umat.  (Qaradhawi : Fiquzh Zakat),

Infaq berasal dari kata anfaqo-yunfiqu, artinya membelanjakan atau membiayai. Infaq hanya berkaitan dengan atau hanya dalam bentuk materi saja, adapun hukumnya ada yang wajib (termask dalam hal ini zakat, nadzar dsb),ada infaq sunnah,  mubah bahkan ada yang haram. Jika zakat ada nishabnya, infaq tak mengenal nishab. Infaq dikeluarkan oleh setiap orang yang beriman baik dalam keadaan lapang maupun dalam keadaan sempit (Qs. Ali Imran : 134).

 

Kata “infaq” dalam Surat Al Baqoroh ayat 267 :

 

267. Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, Padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Perintah “infaq” dalam ayat tersebut dalah berarti zakat, sebab ayat 267 surat Al baqoroh itu adalah satu-satunya ayat yang dipakai dasar/dalil para fuqoha menetapkan wajibnya zakat hasil usaha (makasabtum) dan hasil bumi (mimma akhrojna lakum minal ardli).

Adapaun shadaqah secara bahasa dari kata shadaqah yang berarti benar. Jadi shadaqah adalah sebuah tindakan yang bisa menjadi bukti akan kebenaran iman sseoarang. Kalau infaq hanya berkaitan dengan materi, maka shadaqah bisa berupa materi, dan juga bisa berupa sebuah kebaikan yang bukan materi, sebagaimana sabda Rosululah SAW: senyummu dihadapan saudaramu adalah shadaqah. Adapun hukum shadaqah ialah antara wajib dan sunnah, diantara shadaqah wajib adalah zakat.

 

SIAPA SAJA YANG BERHAK MENGELUARKAN ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH?

Syarat seseorang wajib mengeluarkan zakat adalah sebagai berikut: Islam, Merdeka, Berakal dan baligh serta Memiliki nishab

Makna nishab di sini adalah ukuran atau batas terendah yang telah ditetapkan oleh syar’i (agama) untuk menjadi pedoman menentukan kewajiban mengeluarkan zakat bagi yang memilikinya, jika telah sampai ukuran tersebut. Orang yang memiliki harta dan telah mencapai nishab atau lebih, diwajibkan mengeluarkan zakat dengan dasar firman Allah,“Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: ‘Yang lebih dari keperluan.’ Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berpikir.” (Qs. Al Baqarah: 219)

Makna al afwu (dalam ayat tersebut-red), adalah harta yang telah melebihi kebutuhan. Oleh karena itu, Islam menetapkan nishab sebagai ukuran kekayaan seseorang.

Sedang syarat untuk mengeluarkan Infaq dan shadaqah adalah sama dengan sayarat mengeluarkan zakat hanya tidak dibatasi dengan nishab.

SIAPA YANG BERHAK MENERIMA?

Sesuai dengan QS.At Tubah ayat :60

(Fakir, Miskin, Amil Zakat/ petugas pengelola zakat, Hamba sahaya/budak, Orang yang terlilit hutang/Ghorim, Muallaf/Orang yang baru saja masuk agama Islam,atau orang yang lemah aqidahnya, Fii Sabilillah/Orang yang sedang berjuang untuk menegakkan agama, Ibnu Sabil: Orang yang sedang safar (perjalanan), sedang bekalnya tidak cukup.

 

JANGAN TUNDA BERSEGERALAH…!

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 667 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: