PERAN ISLAM DALAM KEHIDUPAN MANUSIA Resume buku Drs.Atang Abd. Hakim,MA. Dan DR.Jaih Mubarok

A. HUBUNGAN TAUHID DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Perintah yang mendasar dalam islam adalah mengEsakan Tuhan dan cegahan melakukan tindakan syirik.Qs.Al-Luqman 13
Katakanlah:Dialah Allah YME,Allah adalah Tuhan yang segala sesuatu bergantung padaNya Dia tidak melahirkan danjuga tidak dilahirkandan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.

Manusia adalah khalifah dibumi,maka alam selain manusia di tundukkan oleh Allah untuk manusia:
• …dan Dia telah menundukkan bahtera supaya kamu dapat melakukan perjalanan diatasnya dengan perintah-Nya…(Ibrahim 32)
• …dan Dia telah menundukkan pula bagimu matahari dan bulan yang terus-menerus beredar(dalam orbitnya);dan Dia telah menundukkan bagimu malam dan siang.(Ibrahim 33)
• Dan Allah menundukkan malam dan siang,matahari dan bulan untukmu,dan bintang-bintang ditundukkan (untukmu) dengan perintahNya.(Nahl:12)
• Apakah kamu tidak melihat bahwasannya Allah telah menundukkan bagimu apa yang ada di bumi dan bahtera yang berlayar di lautan dengan perintahNya…(Al-Hajj:65)
• Tidaklah untuk perhatian sesungguhnya Allah telah menundukkan untuk (kepentinganmu)apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan menyempurnakan untukmu nikmatnya lahir dan batin…(Luqman:20)
• Allahlah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar dengan ijinNya,dan supaya kamu dapat mencari sebagian karuniaNya dan mudah-mudahan kamu bersyukur.(Al-Jatsiyah:12)
• …Maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami,padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya.(Al-Zukhruf:13)
o Konsekwensi dari Tauhid adalah bahwa manusia harus menguasai halal dan haram tunduk kepada alam.berarti menguasai hokum alam;dan dari hokum alam IPTEK dikembangkan. Sebaliknya,syirik berarti tunduk kepada Tuhan.berarti manusia dikuasai oleh alam,kemudian menimbulkan kebodohan.

B. PARADIGMA ILMU-ILMU ISLAM

Menurut Nurcholis Madjid Ilmu adalah hasil pelaksanaan perintah Tuhan untuk memperhatikan dan memahami alamsebagai manifestai/penyingkapan tabir rahasia Nya.Tanda-tanda yang diberikan Tuhan dalam bahasa arab kata ilmu satu akar dengan kata alam ( bendera atau lambang) alamiah (alamat atau pertanda) dan alam (jagad raya univers)

Menurut Nurcholish Madjid pertanda manusia yang mampu menangkap pertanda Tuhan antara lain:
a. Mereka yang berfikir mendalam (ulu al-albab)
b. Meraka yang memiliki kesadaran tujuan dan makna hidup abadi
c. Mereka yang menyadari penciptaan alam raya sebagai manifestasi wujud transcendental
d. Mereka yang berpandangan positif dan optimis terhadap alam raya,

Surat al-Baqarah 164.Allah berfirman: Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi,silih bergantinya siang dan malam,bahtera yang berlayar dilaut membawa apa yang berguna bagi manusia dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air,lalu dengan air itu ia hidupkan segala jenis hewan dan pengisaran angindan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi;sungguh (terdapat)tanda-tanda(Keesaan & kebesaran Allah)bagi kaum yang berfikir.Tanda-tanda Tuhan dibedakan menjadi 3:jagad raya,manusia dan wahyu.

C. ILMU EKSAKTA DI TANGAN UMAT ISLAM

Ilmu Eksakta yaitu ilmu yang membahas makalah yang bersifat empiris dan bersifat pasti.menurut Osman Bakar kesaksian iman lailah alla allah.Sebuah pernyataan pengetahuan tentang realitas.Sumbangan umat islam terhadap ilmu-ilmu eksakta:matematika,astronomi,kimia,dan optik.
1. MATEMATIKA
Tokohnya al.khowarizmi dia orang yang pertama menulis buku ilmu hitung dan aljabar.Istalah algorisme dan algoritme berasal dari nama al khawarizmi.Anka nol ciptaan umat islam.Tahun 873M angka nol talah dipakai didunia islam lalu dibawa ilmuwan Eropa tahun 1202M sehingga di Eropa 0-9 disebut angka arap.
2. ASTRONOMI
Umat islam yang terkenal bidang astronomi adalah umar khayam dan al-farazi.mereka menerjemahkan dalam bahasa latin untuk diajarkan dieropa.Kemajuan astronomi ditandai dengan difikirkanya observatorium di Bagdad, Daskus,Seville,dan Andalusia.
3. KIMIA
Ulama yang terkenal adalah jabir bin hayam zakaria al-razi.di Eropa dikenal dengan Gaberr dan Rhazes pada zman kejayaan yunani,kimia banyak dibangun berdasarkan pada spekulasi. Sedang pada zaman kejayaan islam atas dasar percobaan dan eksperimen.
4. OPTIK
Ulama yang terkenal adalah Ibnu Hatsam.munurut euklid dan ptolomeus benda dapat dilihat karena mata mengirim cahaya ke benda.sedang ibnu hatsam benda dapat dilihat karena benda mengirim cahaya ke mata dan ternyata pendapat ibnu hatsam dianggap benar.

D. SAIN DUNIA ISLAM MASA KINI

Dalam islam iman dan Ilmu dapat dibedakan,tai tidak dapat dipisahkan.Pengungkapan jasa umat islam dalam pengembangan sains bertujuan untuk membangkitkan etos intelektual yang terbuka kritis dan kreatif segi negatif masa-masa kemunduran umat islam,adalah melemahnya etos keilmuan dan tradisi intelektual.Menurut Nurcholish Majid Negara islam jauh tertinggal oleh Negara yang menganut agama

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 667 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: