PERAN ISLAM DALAM KEHIDUPAN MANUSIA


  1. HUBUNGAN TAUHID DAN ILMU PENGETAHUAN

Perintah yang sangat mendasar yang terdapat dalam agama Islam adalah mengesakan Tuhan ( Q.S. Al Ikhlas 1-4) dan larangan melakukan tindakan syirik (Q.S Luqman {31}: 13 ) . Tauhid dan syirik adalah dua sisi yang tidak dapat dipisahkan, meskipun antara yang satu dengan yang lainnya sangat berbeda.

Konsekuensi dari tauhid adalah bahwa manusia harus menguasai alam dan haram tunduk kepada alam.Syirik berarti tunduk kepada alam, yang berarti manusia dikuasai oleh alam sehingga lahirlah kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan.

 

  1. PARADIGMA ILMU-ILMU ISLAMI

Ilmu menurut Nurcholish Madjid adalah hasil pelaksanaan perintah Tuhan untuk memperhatikan dan memahami alam raya sebagai manifestasi atau penyingkapan tabir akan rahasia-Nya. Antara iman dan ilmu tidak bisa dipisahkan, meskipun dapat dibedakan. Iman tidak saja mendorong untuk menghasilkan ilmu, tetapi juga membimbing ilmu dalam bentuk pertimbangan moral dan etis dalam penggunaannya.

Dalam proses mengenal Tuhan, manusia hanya menerima tanda-tanda yang diberikan-Nya. Namun tidak semua manusia dapat membaca tanda-tanda tersebut.

Nurcholish Madjid menjelaskan bahwa manusia yang akan mampu menangkap berbagai pertanda tersebut ialah :

  1. mereka yang berpikiran mendalam
  2. mereka yang memiliki kesadaran tujuan dan makna hidup abadi
  3. mereka yang menyadari penciptaan alam raya sebagai manifestasi wujud transendetal
  4. mereka yang berpandangan positif dan optimis terhadap alam

Ketika manusia berusaha menyingkap rahasia Allah melalui tanda-Nya berupa jagad raya, menggunakan perangkat ilmu-ilmu fisik. Dan bila melalui tanda-Nya berupa wahyu, maka muncul ilmu-ilmu keagamaan.. Paradigma ini sekaligus merupakan jawaban terhadap dikotomi ilmu agama dan ilmu non-agama, yang pada dasarnya ilmu agama dan ilmu non-agama hanya dapat dibedakan untuk kepentingan analisis, bukan untuk dipisahkan apalagi dipertentangkan.

 

  1. ILMU EKSAKTA DI TANGAN UMAT ISLAM

Ilmu eksakta yang dimaksud di sini adalah ilmu-ilmu yang membahas masalah-masalah yang bersifatempiris dan bersifat pasti. Oleh karena itu ilmu eksakta disebut juga ilmu pasti.

1. Matematika

Ahli matematika Islam :

Al Khawarizmi, orang yang pertama kali menulis buku ilmu hitung dan al jabar

Umar al-Khayam, Al Thusi

Jasa atau fungsi umat Islam terhadap peradaban dunia adalah ditemukannya angka Arab dan nol, yang dengan angka tersebut matematika menjadi efektif dan cepat berkembang

2.   Astronomi

Umar khayam dan Al-Farazi adalah ilmuwan dalam bidang astronomi. Mereka        menulis buku-buku astronomi yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Latin, dan diajarkan di Eropa.Kalender yang dibuat Umar Khayam ternyata dinilai lebih akurat daripada kalender yang dibuat oleh Gregorius.

3.   Kimia

Ulama Islam yang terkenal dalam bidang kimia adalah Jabir bin Hayyan dan Zakaria al Razi. Nama keduanya di Eropa dikenal dengan nama Gaber dan Rhazes.

Pada zaman Yunani, kimia dibangun berdasarkan spekulasi. Sedangkan pada zaman Islam kimia dikembangkan atas dasar percobaan dan eksperimen.

4.   Optik

Ulama yang terkenal dalam bidang optik adalah Ibnu Haitsman.Ia berhasil menentang teori penglihatan yang dikemukakan oleh Euklid dan Ptolomeus, yang mengatakan bahwa benda dapat dilihat karena mata mengirim cahaya ke benda. Sedangkan Ibnu Haitsman berpendapat benda dapat dilihat karena benda mengirim cahaya ke mata.

 

  1. SAINS DUNIA ISLAM MASA KINI

Nurcholish Madjid menyatakan sains di dunia Islam saat ini sangat menyedihkan, karena di antara penganut agama-agama besar di muka bumi ini, para pemeluk Islam adalah yang paling rendah dan lemah dalam pengembangan sains dan teknologi. Hal ini terjadi karena umat Islam tidak mampu menangkap ajarannya yang lebih dinamis dan sekaligus lebih otentik.

{RESUME METODOLOGI STUDI ISLAM

Drs.Atang Abd. Hakim,MA. Dan DR.Jaih Mubarok}

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: