Waduk Sermo

Waduk Sermo

Waduk Sermo terletak di Desa Hagowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waduk Sermo ini dibuat dengan membendung kali Ngrancah pembangunannya kurang dari 3 Tahun mulai 1 Maret 1994 sampai Oktokber 1996 dan diresmikan oleh Presiden Suharto pada tanggal 20 November 1996 dengan menggunakan dana sebesar 22 Milyar Rupiah. Pemerintah Daerah kabupaten Kulon Progo memindahkan 107 kepala keluarga untuk “Bedol Desa” atau transmigrasi ke Tak Toi Bengkulu sejumpah 100 Kepala Keluarga dan 7 kepala keluarga transmigrasi di PIR Kelapa Sawit Riau. Kini air waduk Sermo mengaliri persawahan diwilayah Kulon Progo bagian Barat dan Selatan.

Disamping mengairi sawah air waduk Sermo juga digunakan untuk air minum yang dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kulon Progo “TIRTA BINANGUN” pemanfaatan lain waduk Sermo sebagai salah satu tempat wisata andalan Kulon Progo yang sangat cocok untuk wisata keluarga, Olah Raga Air dan mancing.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Bagi anda yang hobi mancing waduk ini juga bisa memanjakan anda dalam menekuni hobi. Berbagai macam jenis umpan dalam memancing bisa digunakan mulai dari cacing, pellet, udang ataupun lumut sawah yang tentunya sesuai dengan target perolehan ikan yang diinginkan. Jika menghendaki yang mudah sekedar pelepas lelah dan mendapatkan Red Devil bisa menggunakan umpan udang yang dapat dicari dengan mudah ditepi waduk. Ada banyak jenis ikan yang hidup habitat air waduk Sermo anatara lain Gurameh, Nila, Tombro, Lele, Boso, Deleg, Red Devil atau Ikan Setan Merah, dan lain-lain . Adanya ikan red Devil ini mulai sekitar Tahun 2000 an. Sebelum ikan Devil ini mendominasi mancing sangat mudah memperoleh Ikan Nila atau Ikan Gurameh, mungkin ikan lain pada takut karena jenis ikan devil ini kanibal dan pemakan segala.

Untuk menuju waduk Sermo sangat mudah sekali dari Wates hanya sekitar 6 Km bisa menggunakan kendaraan sepeda motor atau mobil, bahkan ada angkutan umum yang melintas waduk Sermo. Sepanjang perjalanan juga disuguhkan dengan keindahan perbukitan yang indah juga hutan Gemulung serta Margasatwa waduk Sermo.

Setelah puas dengan keindahan waduk Sermo dapat meneruskan ke wisata alam KALI BIRU didesa Hargowilis dengan jarak tempuh kurang dari 30 menit

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: