BAKTI SOSIAL DI MASJID AL IKHLAS SENGIR KALIREJO KOKAP

Corps Dakwah Pedesaan (CDP) Kulon Progo bekerjasama dengan Irmas Masjid Agung Wates , KOKAM (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammaadiyah) Ranting Hargorejo Utara, AMM (Angkatan Muda Masjid ) Ar Rohmah Kokap dan PHBI wates mengadakan Bakti Sosial di Masjid Al Ikhlas Sengir Kalirejo Kokap Kulon Progo. Bakti Sosial diawali hari Rabu 29 Juni 2011 dengan pembuatan Corblog jalan menuju Masjid .

Pembuatan jalan Corblog menuju Masjid tersebut dikerjakan oleh sekitar 100 orang, peserta baksos dan mayarakat setempat. “Betul-betul bisa menguras keringat dan liburan kali ini terasa beda semoga jadi amal jariah saya” kata Dwi Setyo Nugroho, salah seorang peserta baksos yang masih sekolah di SMK Muhammadiyah wates ( Nagung ). “Jalan menuju Masjid ini memang tidak terlalu panjang tetapi karena tanjakan yang tajam serta licin apabila musim hujan, maka harus segera untuk dikeraskan dengan corblog” ungkap Husni salah satu Takmir Masjid Al Ikhlas. Husni juga menambahkan jalan itu jalan satu-satunya menuju Masjid dari jalan aspal.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dalam acara ta’aruf sebelum pekerjaan Corblog dimulai Bapak Rois Dusun Sengir mengungkapkan bahwa Masjid Al Ikhlas didirikan tahun 1979 dan sampai saat ini kemakmuran Masjid belum terwujud dengan optimal, pembangunan fisik Masjid ataupun jalan menuju Masjid belum bagus, selain permasalahan ekonomi jama’ah baru saja Takmir menyelesaikan pakerjaan eternit Masjid. Beliau juga merespon positif kegiatan baksos kali ini semoga bisa menambah semangat masyarakat dalam memakmurkan Masjid apalagi ada pentas kehoprak karena masyarakat sengir sudah kangen dengan kesenian kethoprok yang akhir-akhir ini jarang dipentaskan disini.

“Sebetulnya kegiatan ini akan dimulai tanggal 1-3 Juli 2011 tetapi karena jalan menuju Masjid sangat urgen maka pekerjaan Corblok jalan dimulai hari ini (29/06) agar baksos yang dilaksanakan berjalan lancar” kata Romdhon ketua panitia penyelenggara Baksos. Dalam kesempatan yang berbeda Romdhon juga menyampaikan “setelah Corblok jalan ini selesai maka baksos dilanjutkan hari Jum’at tgl 1 Juli 2011 dengan agenda membersihkan Masjid dan lingkungan Masjid kemudian malamnya diadakan kajian agama serta pemutaran Film layar lebar, untuk malam ahad diadakan pentas seni religi Hadroh dan Kethoprak “Tresno Budoyo”, selain itu juga digelar BAZAR dan pengobatan gratis, baksos berakhir tanggal 3 Juni 2011”.

Sementara itu Wardani,S.Ag kordinator kegiatan menyatakan bahwa baksos kali ini bekerjasama dengan perbagai pihak yang peduli dengan kegiatan dakwah islamiyah kususnya dakwah di wilayah marjinal, kami bekerjasama juga dengan KUA Kokap serta POKJALUH ( kelompok kerja Penyuluh ) kabupaten Kulon Progo baik dalam kegiatan dakwah maupun pementasan kethoprak.

“Lakon yang akan dimainkan nanti adalah SUBROTO JUING,sebenarnya cerita ini bukan cerita dakwah tetapi pesan-pesan dakwah sangat leluasa bisa dimasukan dalam cerita tersebut jadi dakwah bisa terlaksana melalui media Kethoprak” Tutur Ki Hadi Kastomo Sutradara kethoprak Tresno Budoyo. Beliau juga menuturkan saat ini di wilayah Kulon Progo tidak banyak dakwah yang dikemas dalam kesenian, padahal kesenian mempunyai komunitas tersendiri yang yang sebagian belum tersentuh oleh pelaku dakwah. Hal ini juga dibenarkan oleh salah seorang pemain kethoprak yang enggan disebut namanya “saya baru kali ini main kehoprak, kalau DA’I ceramah itu hal biasa tetapi DA’I pentas Kehoprak ini luar biasa. Tantangan baru buat saya” katanya disela-sela latihan ketoprak. (Brn1)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: