Ormas Pakaian Loreng-Loreng akan Ditindak

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri akan membekukan aktivitas organisasi masyarakat (ormas) yang hobi melakukan kekerasan maupun kerusuhan, sehingga merugikan warga. Selain itu, Kemendagri juga akan menindak ormas yang seragamnya bermotif loreng-loreng atau menyerupai tentara. Pemerintah mengusulkan ketentuan larangan ini dimasukkan ke dalam UU Ormas sebagai revisi UU Nomor 8 Tahun 1985.
“Ormas yang seragamnya mirip aparat akan ditindak. Jika memungkinkan akan dilarang atau dibubarkan,” kata Juru Bicara Kemendagri, Reydonnyzar Moenek, kemarin.
Menurut Reydonnyzar, aturan pembubaran ormas memang tidak bisa dilakukan seketika oleh pemerintah, melainkan lewat jalur pengadilan. Meski demikian, sangat memungkinan dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Ormas diatur agar pembubaran melalui persidangan bisa dipercepat.
Tujuannya agar masyarakat tidak diresahkan, dan pengurus maupun anggota ormas yang menggunakan seragam loreng-loreng tersebut tidak merasa seperti aparat sebenarnya.
“Ini demi kebaikan bersama sebab mereka banyak dikeluhkan masyarakat,” ujarnya.
Reydonnyzar menjelaskan di Kemendagri tercatat sebanyak 8.000 lebih ormas di seluruh Indonesia. “Di pusat terdapat 2.000 ormas, dan di daerah lebih 6.000 ormas. Jumlah itu bisa lebih banyak sebab masih ada yang belum terdata. Mereka banyak yang tidak mau dikontrol pemerintah sehingga kadang menjadi lebih aparat daripada aparat keamanan,” katanya.
Ditanya apa kriteria “mirip dengan seragam atau atribut aparat negara” itu, Donny menjelaskan, lebih detilnya nanti akan dibahas dengan DPR, sebagai pihak yang mengajukan usul inisiatif RUU tersebut.
DPR nantinya akan mendengar masukan dari Kapolri, Badan Intelijen Negara, Kejaksaan Agung, dan masyarakat luas, untuk menjadi bahan pertimbangan pembahasan RUU Ormas, yang ditargetkan disahkan menjadi UU pada 22 Mei 2012.
Pemerintah juga mengusulkan agar seluruh Ormas berazas Pancasila, namun bisa mencantumkan azas sebagai ciri khas masing-masing, yang tidak bertentangan dengan Pancasila. (vi

http://www.korankaltim.co.id/read/news/2011/18933/ormas-pakaian-loreng-loreng-akan-ditindak.html

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: